Senin, 20 September 2010

“HIDUP DAN PERJUANGAN”

“HIDUP DAN PERJUANGAN”

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya!”
Satu ungkapan bijak, yang sering kita dengar dan kita dengungkan. Sangat besar memang jasa yang dikorbankan para pahlawan. Pengorbanan harta, waktu, tanaga, bahkan nyawa, yang mereka berikan pun tak ternilai harganya. Namun, tak sejauh itu yang mereka pikir, tiada materi sebagai tujuan utama yang mereka kejar. Hanya satu pilihan yang selalu mereka kejar. “MERDEKA atau MATI!”

Ingin rasanya mengangkat berbagai kisah, pengalaman, atau pengorbanan yang telah mereka berikan untuk bumi pertiwi ini. Bangga kiranya kita dapat menggali, menyusun kembali mozaik-mozaik perjuangan yang mereka berikan dengan ceceran air mata dan darah. Hingga bisa menjadi tetesan penggugah anak bangsa dalam buaian mimpi, dalam balutan kebahagiaan semu yang ditawarkan duani masa kini.

Terlalu jauh mungkin harapan ini muncul. Sia-sia mungkin keinginan mendorong semua anak bangsa kembali bangkit. Tapi ini hanyalah satu butiran debu yang bisa, setidaknya bagi diri sendiri untuk menghayati dan mengerti arti sebuah “PERJUANGAN.”

“Jalani dan nikmatilah hidup. Semua perlu perjuangan!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar